Pesta Orang Kikir - Pendalaman Alkitab


Pendalaman Alkitab - Pesta Orang Kikir

Ayat Alkitab diambil dari :
Amsal 23:6-8
6. Jangan makan roti orang yang kikir,
jangan ingin akan makanannya yang lezat.
7. Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia.
“Silakan makan dan minum,” katanya kepadamu,
tetapi ia tidak tulus hati terhadapmu.
8. Suap yang telah kaumakan, kau akan muntahkan,
dan kata-katamu yang manis kausia-siakan.
Pokok Bahasan 
Pesta orang kikir. Kalau sebelumnya amsal melukiskan tamu-tamu yang berada di meja seorang pemimpin atau pembesar (Ams 23:1-3), pada bagian ini kita melihat tamu-tamu pada meja seorang kikir. Jangan makan roti orang yang kikir, jangan ingin akan makanannya yang lezat (ay 6). Apakah orang kikir ini mempunyai tamu?

Kemungkinan ia memberikan makan malam kepada tamu-tamunya karena tugas, atau untuk membayar utang budi atau mungkin juga ia bermaksud menyuap tamu-tamunya. Orang ini berpura-pura menyambut tamu-tamunya, padahal ia tidak melakukannya dengan sepenuh hati dan tulus ikhlas. la bermulut manis dan tahu apa yang harus ia katakan,

"Silakan makan dan minum," katanya kepadamu, tetapi ia tidak tulus hati terhadapmu (ay 7), karena tuan rumah memang diharapkan bersikap ramah terhadap para tamunya. Tetapi ia kikir, dan kesal dengan setiap potong makanan yang dimakan oleh para tamunya, terutama jika mereka makan dengan cuma-cuma.

Matthew Henry mengatakan, "Ia ingin tampak royal dalam menjamu dan ingin mendapatkan pujian untuknya, tetapi karena ia begitu mencintai uangnya dan tidak mencintai teman-temannya, maka ia pun tidak dapat merasakan penghiburan dari jamuan itu atau menikmati dirinya sendiri atau teman-temannva. Pesta orang kikir itu seperti penghukuman bagi dirinya sendiri."

Seorang yang tergiur dengan makanan lezat dari seorang kikir akan terjerumus ke dalam perhitungan yang tidak tulus hati. Robert L. Alden mengatakan bahwa ayat ini dalam bahasa Yunani terjemahannya adalah, "Karena makan dan minum (dengan dia) adalah seperti seorang menelan sepotong rambut. Jangan biarkan dia makan bersama Anda atau makan roti bersama dia."

Apa yang dilakukan oleh orang kikir ini penuh dengan perhitungan, dan akan membuat Anda memuntahkan makanan yang sudah dimakan (ay 8). Hal ini berarti bahwa acara makan malam tersebut adalah menjemukan karena didasarkan dengan ketidaktulusan.

Aplikasi:
Siapa diri kita sebenarnya, baik di hadapan Tuhan dan sesama, tergantung dengan apa yang ada di dalam hati kita. Agama atau persahabatan itu tidak berarti apa-apa kalau tidak disertai dengan ketulusan hati.

HUMOR KRISTEN - TIDAK MENGENAL
Hakim : Anda kenal dengan tersangka?
Jono  : Tidak Pak!
Hakim  : (mengulang pertanyaannya) Anda tidak mengenal orang ini?
Jono  : Kalau orang ini saya kenal Pak, namanya Kadir.
Hakim  : Jadi Anda kenal dengan Saudara Kadir?
Jono : Tidak Pak!
Hakim  : (mulai kesal) Lho, tadi bilangnya kenal?
Jono  : Sama Kadir saya kenal Pak, sama saudaranya nggak.
Hakim: ?!?!?!

Mutiara Kata Hari Ini
Jangan pernah meragukan diri Anda sendiri atau membuang waktu walau hanya sedetik dalam hidup Anda. Hidup ini terlalu singkat, dan Anda terlalu istimewa. 
Arigna Otilide


0 Response to "Pesta Orang Kikir - Pendalaman Alkitab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel